Tips Agar Lancar Berpuasa

Gabiasa biasanya nih, nulis tips beginian.. mumpung lagi bener, dan bulannya juga lagi bagus, yuk ah berbagi tips tipis tipis gimana caranya agar kuat puasa, atau ga biar lancar puasanya gitu..

  1. Sahur
    yak, sahur. OLD but GOLD. Gitu sih kalau mpu gandring bilang. Ada juga hadist yang bilang agar mengakhirkan sahur, bagus sih maksudnya, yang pertama agar kita ga ketiduran solat subuhnya (Abis makan sahur, nunggu bentar, eh udah azan subuh kan). Trus, ga cepet laper juga pas siang harinya karena sahurnya udah dinihari. Tapi ga disarankan untuk makan sahurnya jam 7an, itu sarapan namanya woeyyy…
  2. Perhatikan Asupanmu
    Makan kenyang emang penting, tapi lebih penting lagi kita memperhatikan apa saja makanan yang masuk ke tubuh kita. Misalnya, pas buka puasa, jangan terlalu banyak makan gorengan, karena itu malah bikin pencernaan kita bekerja terlalu keras pada saat awal mencerna makanan. Sangat dianjurkan pada saat berbuka, kita memakan buah buahan, seperti kurma, apel, pisang. Maka pencernaan kita akan berjalan dengan baik untuk menyerap sari sari makanan.
    Saat sahur juga, usahakan untuk tidak terlalu kalap. Makan secukupnya, bicara secukupnya.
  3. Kurangin Kegiatan Yang Tidak Perlu
    Jika kamu biasanya bangun sahur langsung makan mercon, eh maksudnya maen mercon. Mulai sekarang tinggalkan hal tersebut, gantilah dengan membantu ibu di dapur, berjualan kolak menjelang berbuka, atau sekedar nyiapin karpet buat tarawih. Sungguh hal hal yang seperti itu lebih berfaedah.
  4. Tetap Berolah Raga
    Jangan puasa dijadikan alasan ga berolahraga bro.. gimana ngatur waktunya aja. Misalnya di bulan puasa ini olah raga nya sejam menjelang berbuka, ga usah yang berat berat kayak tes fisik TNI, cukup yoga, pemanasan, dijamin puasa ga bakal lemes lagi.
  5. Jangan Nongkrongin Tempat Makan
    Ente kan puasa bro, jangan gaulnya siang siang di warteg bro.. ada pepatah lama mengatakan, bergaul dengan tukang minyak wangi, jadi wangi, bergaul di warteg, jadi dapet mbak mbak ngapak. Pokonya jangan bro, mendingan cari hobi baru misal berkebun, motong rumput, dll.
  6. Latihan
    Kalau masih meragukan kemampuan kamu dalam berpuasa, boleh Gladi Resik dulu atau latian sebelum puasa, tapi latiannya pas sebelum puasa yak, jangan pas puasa masih latian, pas bedug dhuhur buka, sama aja dong. Sebaiknya latiannya puasa senin kamis.. lebih berfaedah.

Udah sementara segitu dulu, semoga puasa 10 hari terakhir ini, kita semakin khusu’ menjalankannya. Dan kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan berikutnya lagi. Amiiin Ya Allah.. Jangan lupa tinggalin jejak ama like nya yak..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s